Sabtu, 12 Januari 2008

client server

aplikasi
aplikasi yang berbasis client-server yaitu e-mail, file transfer, database access, time sharing computer .

Client server
Sesuai dengan namanya, hubungan antar perangkat NTP ini berjalan dalam gaya client/server mode. Sebuah server bisa disinkronisasikan oleh member-member dari server tersebut, namun member-member tersebut tidak bisa melakukan sinkronisasi terhadap server. Client/server beroperasi dengan menggunakan protokol Remote Procedure Call (RPC). Dalam mendapatkan waktu yang akurat, NTP client akan mengirimkan NTP message ke satu atau lebih server NTP. Kemudian server yang menerimanya akan melakukan modifikasi alamat IP dan nomor port, mengubah beberapa field dalam message tersebut, menghitung ulang checksum, dan mengirimkan kembali pesan tersebut ke si pengirim. Dengan pesan tersebut, client dapat mengetahui waktu yang sedang berjalan di dalam server termasuk area waktunya, kemudian client akan mengubahnya menjadi waktu lokal di mana perangkat tersebut berada dan segera memasangnya pada perhitungan waktu di perangkat tersebut.

pengertian
Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client(biasanya aplikasi yang menggunakan GUI ) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server.
Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada beberapa perbedaan karakteristik yaitu :

1. Servis (layanan)Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin yang berbedaPemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya.Server sebagai provider, client sebagai konsumen

2. Sharing resources (sumber daya)Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.

3. Asymmetrical protocol (protokol yang tidak simetris )Many-to-one relationship antara client dan server. Client selalu menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu secara pasif request dari client.

APLIKASI CLIENT-SERVER SEDERHANA PADA SUATU JARINGAN KOMPUTER

Apa yang tejadi jika kita hanya mempunyai 1 satu lisensi Microsoft Office pada jaringan komputer kita, misalkan lisensi MS Office hanya untuk komputer SERVER. Sedangkan komputer CLIENT juga memerlukan aplikasi MS.WORD untuk mengolah kata.Solusinya dengan men-sharing aplikasi MS WORD ke komputer CLIENT. Dengan kata lain aplikasi MS.WORD menjadi aplikasi CLIENT-SERVER, yaitu client memberdayakan sumberdaya yang dimiliki server; dalam hal ini aplikasi MS WORD. Caranya sebagai berikut

1. Lakukan sharing folder Microsoft Office di komputeServer.–>Klik kanan pada folder Microsoft Office kemudian klik Properties–>Klik tab Sharing, klik Share this folder, kemudian klik Apply.–>OK, folder Microsoft Office telah ter-sharing.

2. Selanjutnya pada komputer CLIENT - Ke Windows Explorer. - Klik My Network Places - Klik Computer Near Me - Klik LATIHAN (workgroup) - Klik Server (computer name) - klik pada folder ‘Microsoft Office’ - klik older ‘Office10’ - pilih ‘WINWORD.exe’ -Pilih file Winword.exe

3. OK, aplikasi MS.WORD telah di sharing ke komputer Client dan siap digunakan.Lakukan hal yang sama pada setiap komputer Client.

4. Sekarang komputer CLIENT bisa menggunakan aplikasi MS Word. Tapi dengan catatan komputer SERVER harus dalam keadaan nyala.

5. Aplikasi MS.WORD telah menjadi aplikasi client-server 

Tidak ada komentar: